Thursday, March 29, 2012

THIS IS HOW WE HUNT!

Heyyaa there fellas!
I'm back here again, and now with some photos comin'

So, gue baru aja gabung dengan sebuah komunitas kamera analog di Semarang. Yang bikin gue seneng adalah, gue jadi punya banyak ilmu yang gue dapet dari sharing - sharing yang dilakukan oleh anggota - anggota disini, gue yang tadinya masih minim ilmu mulai menemukan ilmu - ilmu baru dari orang - orang yang bisa dibilang ahli dalam bidangnya.

Nah, beberapa waktu yang lalu gue ikut hunting bareng yang dilaksanakan di daerah Tugu Muda dan Pandanaran dengan tema "Street Photography". Gue seneeenngg banget bisa ngerasain rasanya hunting bareng, diliatin orang - orang, dimintain foto sama kuli bangunan, dan mengabadikan momen secara cepat dan tepat.

Nah kali ini gue akan share beberapa hasil foto yang udah sempet gue cuci dan scan (tinggal 1 roll yang belom, masih ngumpulin duit dulu hihihi). So, here we go!!


Forever Alone? | Fujifilm Zo | Kodak Colorplus 200


Abandoned Bike | Fujifilm Zo | Kodak Colorplus 200


Look Down | Fujifilm Zo | Kodak Colorplus 200


Jagalah Kebersihan? | Fujifilm Zo | Kodak Colorplus 200


Cleaning Up | Fujifilm Zo | Kodak Colorplus 200


Ready, Set, GO! | Topico Minitop Panoramic | Fujifilm Superia 200


Kepengeeennn.. | Topico Minitop Panoramic | Fujifilm Superia 200


Lost? | Topico Minitop Panoramic | Fujifilm Superia 200


I'll Walk, You Drive | Topico Minitop Panoramic | Fujifilm Superia 200

Nah itu adalah hasil dari hunting bareng yang telah sukses dilaksanakan.
Nah beberapa hasil foto gue bisa kalian liat di sini, untuk catatan mungkin ada beberapa judul foto yang ngga sesuai. Itu karena gue eamng punya perspektif yang berbeda terhadap sebuah foto yang gue punya, jadi 1 foto bisa memiliki banyak judul menurut gue.

So, this is it from me hope you'll enjoy it.
Seea ya again later!
Have a good day!

Friday, March 9, 2012

GALAU

Hooorraaayyyyyy!!!
I'm back here again, well this is insane I'm writing in here almost everyday right now. I never thought that it will be this addictive, but this feels great hahahahaha

So, today I wanna talk about a "disease" that become famous in this country especially for youngsters, yep I wanna talk about a euphoria called GALAU.

Gila, gue ngga pernah ngerti deh kenapa sih istilah GALAU begitu terkenal di kalangan muda-mudi di Indonesia?  Mau makan inget sesuatu jadi GALAU, makanannya basah kena air mata. Mau nyebrang keinget mantan pacar GALAU, ngga jadi nyebrang, BIKIN MACET WOY! Gila, mau mandi inget pas diputusin ngga jadi mandi, dikira ngga bau apa. Gue bingung aja kok hal - hal kecil dan sepele kayak gini bisa membuat hampir semua orang jadi lemah, hey kalian ini pemuda yang kuat, dulu Soekarno bilang kalau pemuda itu tonggak kemajuan bangsa, "Beri aku seribu orang, dengan mereka aku akan menggerakan gunung Semeru. Beri aku sepuluh pemuda yang membara cintanya kepada Tanah Air, dan aku akan mengguncang dunia".

Lha kalo gini caranya gimana mau mengguncang dunia, kalo para pemuda masih pada "dangdutan" mulu kerjaannya.

Menurut gue kita semua masih lemah, masih gampang untuk diguncang, ibarat kerupuk itu ngga dibungkus jadi gampang melempem. Kita harus bisa kuat, harus bisa melawan arus yang dihadapi, harus bisa move on *ngeliatinfotogebetanyangdulu*. Galau itu udah menjadi sebuah fenomena yang sangat terkenal menurut gue, padahal kalu ditanya artinya pasti ada ngga ngerti. Pokoknya taunya galau tuh inget mantan, inget gebetan yang lama, trus inget utang. Dan anehnya galau itu ada jam - jam tertentu, udah mirip tv nih lama - lama galau ada jam prime time-nya, jadi kalo gue liat di internet orang itu biasanya mulai galau pada jam 7 malem keatas dan penyebabnya sangat teramat absurd. Bisa karena ngga bisa tidur dan mulai memikirkan suatu hal yang menurut gue itu kayak suatu halusinasi, serius gue pernah kayak gitu soalnya, you know lah mau tidur ngga bisa trus langsung melayang kemana - mana gitu pikirannya, serius mendingan merem terus tidur kalo begitu caranya mah.

Nah yang lebih parah lagi anak SD sekarang bisa galau men, bayangin anak SD ditanya sama bapaknya "Naak, kamu ngga bikin tugas?", trus si anak jawab "Ntar aja pak lagi galau", apa ngga stress tuh bapak anaknya kecil - kecil udah ngerti galau. Gue aja dulu sd cuman inget sekolah, ngerjain tugas, nonton power rangers sama smackdown, galau aja belom ngerti artinya. Menurut gue tingkat pergaulan sudah bergeser dari yang seharusnya, anak SMP udah demen shopping, dandan dan make tas emak - emak kemana - mana, gue bukan ngelarang, it's your own taste of fashion, tapi ngga ada salahnya kan kalo liat umur dulu kalo mau dandan.

Galau sekarang udah kayak jadi bagian hidup, bete dibilang galau, laper dibilang galau, pusing dibilang galau, kebelet boker apa masih mau dibilang galau? "Aduh men perut gue galau nih" sambil garuk - garuk perut, galau itu lambat laun bisa jadi merusak, yang tadinya rajin belajar gara - gara galau ngga mau belajar, yang tadinya semangat jadi lemes dan ngga bersemangat. 

Galau seakan - akan menjadi trend, kalo ngga galau berarti ngga keren, kalo ngga galau ngga gaul. Apa pula ini? Apa gue harus dateng ke sevel atau ck trus ngomong sama temen gue "Wey men gue galau gila neh, parah men, gue.galau.abis." pake logat anak gaul sekarang gitu, jangan sampe deh.

Menurut gue galau itu adalah ketika seseorang ditampatkan pada ketidakpastian, dimana dia harus memilih diantara 2 hal dan dia tidak bisa memilih. Menurut gue pengartian yang digunakan saat ini sangat berbeda, galau diartikan sebagai suatu keadaan dimana hati sedang tidak bagus, mood sedang jelek, itu bisa jadi gelisah bukan galau.

Nah sekian uneg - uneg gue tentang galau, sebetulnya gue sangat bingung kok galau bisa sebegitu populernya ya?

Udah dulu ah, pegel juga ternyata ngeblog sambil koprol.
See ya later fellas!
Have a nice day everybody!

Thursday, March 8, 2012

TIPS HEMAT: NONTON BIOSKOP

Hey there fellas!

Kali ini gue akan mambagikan tips dan trik untuk berhemat, gue tau lah mahasiswa otaknya gimana, yang penting bisa hemat bagaimanapun caranya. Nah maka dari itu gue mau ngasih tips ini *buruankaliyo*

Oke gue tau pasti kebanyakan warga indonesia apalagi kaum muda pasti suka nonton bioskop, mau sendirian, bawa pacar, selingkuhan, anak-istri, anak orang, binatang (sumpah mustahil banget yang terakhir) pasti semua suka sama yang namanya nonton film di bioskop. Pernah ngga sih kalian mikir, "eh kok gue nonton bioskop bisa abis duit banyak banget ya?" trus lo kepikiran sampe pulang dan nangis di bawah guyuran.... shower/gayung.

Nah untuk itu gue ada disini, gue mau bagi - bagi ke kalian semua tentang tips - tips berhemat dalam menonton film di bioskop.


  1. MEMBAWA JAKET - Ini sumpah penting banget, kenapa? karena gue ganteng banget, ya engga dong gue mempesona kali (ngibas ekor). Jaket itu bisa buat kamuflase, lo ngga perlu pake jaket tentara, ntar yang ada lo diciduk aparat ujung - ujungnya malu - maluin. Kamuflase disini lo bisa naro makanan sesuka hati lo di dalem jaket, usahakan bawa jaket yang dalemnya ada kantongnya biar enak pas ngambil, jangan pas lo buka resleting makanan pada berserakan dibawah, sama aja bo'ong. kan jadi enak tuh makan udah murah, meriah pula (nyampe studio langsung rebutan makanan)
  2. PULANG DULU - Gue bukan nyaranin lo untuk beres - beres atau renovasi rumah, dalam hal ini usahakan kalo lo lagi di suatu tempat pulang lah terlebih dulu. Yakin sama Tuhan ini sangat penting, lo bisa prepare dengan baik taktik apa yang akan lo gunakan. Lo bisa membungkus snack - snack yang lo siapkan dan membungkusnya dengan rapih dan membawanya tanpa dicurigai. Jadi kalo orang tua kalian nyuruh pulang jangan dilawan ya (gue serius nih)
  3. BAWA TAS - Hal ini standart tapi sangat vital, bayangin deh. Lo mau bawa snack pake sarung yang dilipet trus dibawa pake tongkat? Yang ada ntar dikira ninja. Tas yang disarankan adalah tas yang memiliki banyak resleting, bukan berarti lo abis itu lo jualan resleting di depan bioskop, tapi tas yang ada banyak tempat penyimpanan. Biasanya hal ini efektif, kalo ketahuan di satu tempat lo bisa nyimpen di tempat yang lain. Mati satu tumbuh seribu, mantap.
  4. MANIPULASI - Manipulasi disini bukan lo nunjukin karya sotosop lo di depan satpam, dicuekin iya yang ada. Maksudnya kalo lo memiliki tas yang kurang memadai gunakan benda yang bisa untuk mengelabuhi pihak pemeriksa. Misalkan lo bawa tas slempang, kan sempit tuh, nah lo pinjem deh jaket, kemeja atau baju temen lo trus tutupin tuh jajanan pake benda tersebut. Nah temen lo pake apa? Terserah dia lah, emang gue emaknya.
  5. BE FAST - Jangan berpikiran kalo lo harus masuk bioskop bawa mobil maserati atau motor hayabusha, kalo gue disitu juga gue bakar mobil lo, itu tidak terpuji sekali saudara - saudara. Maksud gue adalah lo harus bergerak cepat, serius gue kemaren pernah liat orang nerobos pintu bioskop yang ditutup, gue kira mobil baracuda ternyata orang, patut dicoba tuh kalo lo masih takut mau nyoba cara yang di atas. Siapin mental aja, lebih serem dari uji nyali soalnya, efeknya gimana gitu.
  6. BE CRAZY - Sumpah cara ini sangat TIDAK DISARANKAN. Jadi gini lo pernah ngga hampir ketangkep basah dan lo diwajibkan memiliki ide segar untuk mengatasi masalah tersebut? Nah lo harus melakukan hal tersebut, misalnya lo dicegat buat diperiksa, "Permisi mas", kata mas - masnya, nah lo tinggal berani gila aja. Bilang aja "Maaf mas jangan dibuka, malu" atau "Jangan mas, ada 'jeroan' saya, mas mau liat? Terserah sih, belom dicuci loh mas" atau "Wah mas, di dalemnya ada dokumen penting negara mas, kebetulan saya abis ketemuan sama agen rahasia". Semoga mas - masnya percaya dan anda tahan malu.
Nah sekian cara hemat dari saya, buat pihak bioskop gue bukan bermaksud membuat kalian bangkrut, berkurang pendapatannya, atau apapun. Tetapi harap dimengerti ada kelas penonton dimana mereka hanya mampu untuk membeli tiket tapi tidak bisa membeli makanan disana dengan pertimbangan tertentu, atau mereka mempunyai selera yang berbeda, ingin menikmati makanan yang tidak ada di kafe misalkan.

Jadi sekali lagi no offense kepada kalian pihak bioskop, gue tetep suka beli disana kok, minum doang tapi hehe. Tapi serius, gue cuman membagikan pengalaman gue aja. Jadi kalo kalian mampu membeli makanan di kafe ya silahkan, kalo kalian tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli jajanan disana atau karena alasan tertentu tidak mau ya silahkan dipakai cara saya. Tapi tidak 100% berhasil ya caranya, berdoa aja dulu.

Well sekian dari gue
Adios Amigos!
Have a good day!

Monday, March 5, 2012

Taktik Marketing Ala Saya

ASUHumbalala humbalala humabalala humbalala olo olo olo olo!!!!! (baca: Selamat siang semuanya salam dangdut dari pria terganteng di planet)

Hey hey hey, I'm back here baby! Gile gue ngga tau kenapa tiba - tiba mau ngepost aja, emang bener deh kalo ngepost blog tuh kayak B.A.B. kalo ditahan jadi bimbang, resah, gelisah, basah, dan gundah tapi kalo ditulis langsung sungguh sangat melegakan ahahahaha..

So hari ini gue mau berbagi kepada kalian semua tentang pemikiran gue bagaimana caranya melakukan taktik marketing yang seperti biasa kita lihat di mall - mall terdekat di wilayah kita, yang menurut gue sangat tidak efektif. Bayangin aja kita disuruh promosi motor atau apa lah itu, awal - awalnya kita bicara sana - sini eh pas ngga ada yang tertarik ujung - ujungnya malah magabut (makan gaji buta), cuman duduk - duduk kayak anak ilang, tinggal nangis trus teriak aja "EMAAAAKKKK!!! EMAAKKK DIMANAAAHHH??? UHUHUUHUHUHUHUHUUHUHUHUHU", very uneffective.

So, berikut adalah beberapa pemikiran dari saya Aldio Cahyo Senoaji, Ahli Pemasaran, Perkampungan, Pergulatan, Pertahanan Diri, Perlindungan, Permasyarakatan, dan Perkawinan:


  1. Lo semua sering liat kan spg/spb motor yang biasa ada di mall? Nah menurut gue mereka kurang mempunyai semangat bekerja, mau promosi barang baru masa iya mukanya kusut kucel beler kayak orang baru bangun tidur trus ditagih utang sama tinky winky. Nah taktik gue itu pake metode timbal balik, jadi siapa yang bisa dapetin pelanggan paling banyak dapet motor keluaran terbaru dan bisa milih. Nah kalo kayak gini kan enak, pegawai pasti mau kerja keras, masalah rugi mah belakangan kan yang punya bukan gue hehehe
  2. Tau promosi barang - barang buat kecantikan yang biasa kita liat di mall? Kan kita dikasih selebaran/pamflet tuh, trus tiba - tiba tangan kita dipegan trus diusap - usap dengan manja sambil mba - mbanya menjelaskan panjang lebar tentang produknya dan ujung - ujungnya pelanggan ngga jadi beli, lha kan enak dapet lulur gratis kapan lagi coba, ini merupakan taktik marketing yang sangat sangat tidak efektif. Menurut gue yang bener adalah kita menarik pelanggan trus kita test produk kita ke mereka, nah trus kita tawarin deh buat beli produk kita kalo ngga mau beli bilang gini "Mba, kalo mba ngga mau beli nanti kita mandiin di tngah mall loh soalnya lulurnya cuman bisa ilang kalo kena air sama sabun. Gimana? Tertarik dengan produk kami?". Gue berani jamin produknya pasti abis, dibakar massa tapi.
  3. Promo perumahan juga terkadang melakukan hal yang salah, masa beli rumah dapet hp. Buat apa coba itu hp? Apa iya lo bisa bangun rumah pake hp? Ngecat, Bikin fondasi, Dll semua pake hp? Menurut gue yang bener tuh promosiin ke calon pelanggan tentang terobosan baru misalnya, Kalo beli satu rumah dapet mba - mba SPGnya, orang macam apa coba yang ngga mau beli rumah dapet SPG/SPB? Kecuali kalo SPG?SPBnya itu bentuknya kayak Pterodactyl nah gue ogah deh.
Nah dari penjelasan gue gimana menurut kalian? Spektakuler sekali bukan?

Gue mah udah bosen ngeliat promosi yang umum kayak gitu, bosen, boring, bete, basi, bau. Yang gue tunggu ya yang kayak penjelasan di atas itu, sebuah cara promosi yang sangat sangat inovatif dan spektakuler. Gue malah bingung dengan cara - cara yang sekarang terlalu bertele -tele, kenapa ngga to the point aja kayak "Mba, mba hari ini laksana secercah sinar terang di malam yang gelap dan kehangatan di sela - sela kedinginan. Beli produk dari kami mba, ini multi purpose loh. Kalo ngga beli saya tarik kata - kata saya". Sumpah itu lebih efektif, menurut gue.

Udah dulu ah, otak gue lagi ngga beres kayaknya *sikatjidat*. Segini dulu ya dari gue, mau nonton layar tancep dulu ah. Seru filmnya Superman vs Supir bus, galak nih supir busnya. Wih seru deh!

Udah dulu ya, Bye Bye!
Adios!
Goodbye!
Au Revoir!

Saturday, March 3, 2012

E-KTP MAKSUTNYA APAAAAAA???

Hey hey eeheeeyyyy!!

Gue balik lagi ke blog ini dan mulai posting lagi hahahaha *masakberas*.

Well sebetulnya posting gue kali ini merupakan hasil dari perasaan resah, gelisah, dan basah gue yang baru - baru ini gue alamin. Gue bingung deh, apa sih maksutnya dengan pembuatan e-ktp? Kenapa ngga dibuat serentak? Kenapa dalam prosesnya tidak dibuat dengan benar, maksudnya ngga asal ada alat trus oper sana oper sini gitu. Sumpah hal ini mengganggu gue banget, yang pertama kenapa waktu yang ditentukan untuk membuat e-ktp itu ngga pasti alias mendadak? Gue sebagai mahasiswa perantau yang jauh dari rumah kan merasa sangat dirugikan, halooo pemerintah diluar sana gue ngga mau bolos kuliah cuman gara - gara bikin e-ktp loh, gue udah punya ktp and this is god damn real!

Gue ngga tau apa alasan mereka untuk tidak memberitahukan alasan kenapa pemberitahuan pembuatan e-ktp ini dibuat mendadak dan terkesan terburu -buru, kalo lo ngga bikin ya lo bukan warga negara, begitulah kesan yang gue dapet tentang hal tersebut. Gila gue harus ngeluarin duit hampir Rp 200.000,- buat pulang dan ngurus e-ktp loh, dan Rp 200.000,- itu DUIT bukan daun kelor (btw, daun kelor tuh gimana sih? hehe). Gila kali gue ngeluarin duit segitu buat pulang doang, belom buat balik lagi ke semarang, kampret tabungan gue ludes langsung.

Dan kenapa pembuatan e-ktp itu terkesan terburu - buru? I mean, kata emak gue alatnya itu dipakai secara bergilir. What the F*** is going on? Apa pemerintah ngga bisa mengumpulkan dana untuk membeli alat yang seenggaknya setiap kecamatan punya, dimana setiap warganya jadi bebas untuk membuat e-ktp itu, jadi ngga harus bolos kerja, sekolah, dan kuliah cuman gara - gara bikin e-ktp doang. Kesannya pembuatan e-ktp itu sangat terburu - buru atau bisa dibilang "kejar tayang", sangat sangat mencurigakan menurut gue.

Oke mungkin kalian berpikir kalo gue katro, norak, ketinggalan informasi, atau yang lainnya itu terserah kalian karena semua orang bebas berpendapat (negara demokrasi kok berpendapat aja ngga boleh), tapi gue sangat merasa dirugikan dengan kondisi seperti ini. Gue harus bolos demi sebuah benda yang belom tentu bisa menjamin IP gue semester ini dan selanjutnya 4,00. Gue harus pulang dengan biaya yang ngga murah menurut gue dan setelah gue bikin e-ktp gue harus balik lagi malem - malem dan pagi - pagi banget gue sudah harus kuliah?

Apakah ngga ada hari lain untuk mengurusnya? Gue mikir aja, masih ada orang diluar sana yang bekerja menyeberang pulau dan hidup di garis rata - rata ekonomi bangsa, ketika mereka sedang mencari uang dan mengumpulkannya untuk pulang di hari raya dan tiba - tiba harus pulang hanya untuk mengurus hal tersebut. Apa iya ngga ada kompensasi untuk warga yang tinggal di luar kota?

Pemerintah ngga mau mikir tentang posisi dan kondisi warganya? Pantesan warga juga bodo amat sama pemerintah.

Udah ah, gue merasa pembicaraan gue kali ini sangat "sensitif"

See ya next time

Adios!

Again, It's All About Toycam

Well hello there world! It's nice to do this again, gue ngga bosen kalo tiap hari pasti main - main ke blog gue ataupun ke blog orang lain yang menurut gue keren - keren banget *berasaculun*

Oke, waktu libur telah berakhir *histeriskayakcewek* dan masa - masa liburan gue yang teramat sangat indah ini dipenuhi dengan satu aktivitas, foto - foto. Bukan, bukan foto-narsis-dengan-satu-jari-menempel-dan-mulut-monyong-kayak-ikan-imut, tapi gue lagi dipenuhi oleh potret - memotret dengan toycam gue. Seonggok benda jadul yang masih memakai sistem/teknologi analog akan tetapi hasilnya bisa melebihi dari teknologi digital, menurut gue ini semua sebuah siklus. You know dimana pada waktu kita kecil dulu sering dipotret dengan kamera low-fi kayak gini dan ketika kita tumbuh dewasa kita mulai "termodernisasi" dan meninggalkan benda - benda analog ini dan ketika kita tumbuh semakin dewasa, hey we do miss the good old times.

Oke mungkin sebagian dari kalian lahir pada masa - masa modern, I wouldn't blame you or your parents for that one. Tapi ngga ada salahnya kan kalo kita sedikit mengingat masa lalu, mau mengetahui bahwa kamera seperti ini itu ada, this things does exist, dan benda ini merupakan cikal bakal dari segala jenis kamera modern yang ada sekarang.

Nah, dengan semangat itu gue membawa kamera analog ini masuk ke dalam dunia modern. Ini tuh kayak menempatkan sekelompokan gimbot di dalam tumpukan console - console digital yang ada, sangat asing tapi mempunyai sensasi tersendiri. Nah gue pun memilih genre street photography juga karena ini, kebayang ngga sih di dalam kerumunan orang yang menggunakan kamera digital and then you're there with your analouge thing and you're proud with it. Gue suka aja ngeliat ekspresi orang yang ngeliat gue megang kamera analog gue hehehehe

Nah sekarang gue mau ngasih liat beberapa foto yang menurut gue masuk dalam kategori "Street Photography"

It's My Ride | Fujifilm Zo | Konica VX 200 Expired



Hati - Hati Bu! | Fujifilm Zo | Konica VX 200 Expired



Takut Diminta Ya? | Fujifilm Zo | Kodak Colorplus 200 Fresh



Want Some? | Fujifilm Zo | Superia 200 Fresh



Walking On The Turf | Topico Minitop | Superia 200 Fresh



Bergelayutan | Octopus Ungu | Superia 200 Fresh



Termenung | Octopus Ungu | Superia 200 Fresh


Well mungkin kalian punya opini sendiri tentang foto ini, apakah ini street photography atau bukan. Go ahead, post a comment in this post. Gue ngga menolak segala saran dan kritik, secara gue masih baru di genre street photography ini, oke gue emang masih baru di dunia photography so kalo mau kasih saran dan kritik silahkan saja.

That's it from me, see ya later fellas :)